Thursday 3 February 2011

PEMANFAATAN LIMBAH PASAR SEBAGAI PAKAN TERNAK

PEMANFAATAN LIMBAH PASAR SEBAGAI PAKAN TERNAK RUMINANSIA
Biaya untuk pakan ternak menempati biaya tertinggi dalam suatu usaha peternakan komersial. Sering terjadi kegagalan usaha peternakan karena tidak mampu membiayai pakan. oleh karena itu perlu diupayakan ketersediaan pakan dengan biaya semurah mungkin. sudah banyak langkah yang dilakukan oleh peternak mulai dari penyediaan pakan lokal sampai impor dari luar. namun tetap saja biaya pakan tinggi.
Hampir di setiap daerah di Indonesia mempermasalahkan limbah pasar karena keberadaan tempat pembuangan sampah sering terjadi benturan dengan masayarakat sekitar karena dianggap mencemari lingkungan.
Limbah pasar ternyata merupakan salah satu peluang pakan dengan biaya murah. limbah organik seperti kulit jagung, kulit kol, sawi dan sebagainya ternyata cukup melimpah setiap hari. limbah pasar ini tidak kalah nilai nutrisinya dibandingkan dengan rumput unggul. Jadi limbah organik pasar dapat menggantikan biaya pembelian rumput unggul.
Pemanfaatan limbah organik pasar dapat menurunkan biaya pakan sampai 80% karena hanya membutuhkan biaya pengangkutan dari pasar ke lokasi peternakan dan tidak membutuhkan biaya untuk membeli bahan baku pakan.

No comments:

Post a Comment