Friday 19 September 2014

KONTES TERNAK TINGKAT PROPINSI DI KABUPATEN LEBAK



KONTES KERBAU DI KABUPATEN LEBAK TANGGAL 17 SEPTEMBER 2014

         Kontes ternak kerbau telah dilaksanakan tanggal 17 September 2014. Lokasi kontes di lapangan sepak bola Desa Curugpanjang Kecamatan Cikulur Kab. Lebak.  Kontes kerbau mendapatkan antusias dari peternak kerbau. Peserta kontes 54 ekor kerbau dengan dua kategori yaitu ; pejantan unggul dan bibit betina unggul.  
       Kontes ternak kerbau di dukung oleh peternak dan masyarakat lokasi kontes.  Menurut peternak bahwa kontes ternak ini adalah hari rayanya pengangon (penggembala) kerbau, karena menurut mereka saat itulah semua perhatian di tujukan pada peternak kerbau.  Semua peternak kerbau bergembira dapat berkumpul dengan peternak yang lain yang jauh dari tempat tinggal mereka.  mereka dapat bertukar fikiran tetntang penaggulangan hambatan beternak kerbau kedepa.  kadang-kadang mereka juga bisa berdiskusi tentang tren harga menjelang idul adha.
      Pada saat acara ada beberapa sambutan yang pertama dari Kepala Dinas Peternaka (Ir. H. Iman Santoso), beliau menyampaikan tentang hambatan dan solusi yang harus diambil untuk meningkatkan populasi ternak kerbau di Kabupaten lebak, salahsatunya dengan menyediakan padang penggembalaan oleh Pemerintah.  Sambutan kedua disampaikan oleh Ir. Pini yang mewakili Direktur perbibitan Kementerian Pertanian RI dalam sambutanya beliau mendukung terbentuknya kawasan bibit kerbau di Kab. Lebak.  Kemudian sambutan Bupati Lebak, beliau menyampaikan akan mendukung kawasan perbibitan kerbau yang berada di tiga kecamatan yaitu : Kec. Cikulur, Kec. Cileles dan Kec. Panggarangan.
         Setelah sambutan-sambutan diadakan acara diskusi, ketua kelompok Makmur Sejahtera menyampaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi peternak kerbau yaitu ; berkurangnya lapangan penggembalaan, perlunya embung untuk tempat memandikan kerbau, kemudian yang ketiga masih tingginya tingkat pencurian kerbau.
            Tanggapan dari Bupati Kab. Lebak, beliau sangat mendukung agar lahan-lahan perkebunan HGU tidak melarang peternak kerbau menggembalakan kerbaunya dikawasan perkebunan.  Pembuatan embung bisa dikordinasikan dengan Dinas terkait, kemudian penanggulangan pencurian ternak, harus dilakukan siskamling (ronda) yang bekerjasama dengan pihak Kepolisian.
              Pengumuman pemenang diumumkan pada akhir acara, juara satu kategori jantan dan betina diraih oleh UPTD Peternakan Wilayah III.  Juara satu Pejantan dimenangkan dari kecamatan Warunggunung, sedangkan juara satu bibit betina dari Kecamatan Cileles.  Hadiah yang diterima selain sertifikat juga mendapat seekor kerbau.
               Semoga kontes ternak kerbau ini menjadi agenda tahunan di Kabupaten Lebak.  Selamat datang di Kontes Ternak Kerbau berikutnya. Mudah-mudahan menjadi motivasi bagi peternak dalam memelihara ternaknya.  Sehingga dapat meningkatkan populasi kerbau di Kabupaten Lebak yang pada akhirnya dapat mendukung swasembada daging di Indonesia. (Jamaluddin ZA)

No comments:

Post a Comment